Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai simbiosis. Apa itu simbiosis? Simbiosis merupakan bentuk hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis. Ada tiga macam bentuk simbiosis yaitu, simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Berikut penjelasan ketiga simbiosis tersebut.

Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan atau interaksi antara dua jenis makhluk hidup yang memberikan keuntungan satu sama lain. Hubungan antara kupu-kupu dengan bunga menjadi salah satu contoh simbiosis mutualisme. Dalam hal ini kupu-kupu mendapatkan mendapatkan keuntungan berupa nektar sebagai makanannya. Sedangkan bunga mendapatkan keuntungan terbantu proses penyerbukan.

Dalam ekosistem, terdapat banyak sekali simbiosis mutualisme. Misalnya, hubungan antara tumbuhan polong-polongan dengan bakteri pengikat nitrogen, antara semut dengan tumbuhan, serta antara manusia dengan bakteri yang hidup di usus besar manusia.

Contoh lain dari simbiosis mutualisme yaitu hubungan antara jamur dengan akar pohon pinus. Jamur mendapatkan keuntungan berupa makanan dari pohon pinus. Sedangkan pohon pinus mendapatkan keuntungan berupa garam mineral dan air lebih banyak.

Contoh simbiosis mutualisme lainnya bisa kamu baca disini.

Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme merupakan hubungan interaksi antara dua jenis makhluk hidup yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak dan pihak lain tidak terpengaruh. Contoh simbiosis komensalisme seperti hubungan antara anggrek atau tumbuhan paku yang hidup di pohon. Anggrek atau tumbuhan paku mendapatkan keuntungan berupa tempat tinggal sehingga ia mampu mendapatkan cahaya. Sedangkan untuk pohon tersebut tidak mendapatkan keuntungan dan kerugian.

Contoh simbiosis komensalisme lainnya bisa kamu baca disini.

Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua jenis individu yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak dan memberikan kerugian pada pihak yang lain.

Organisme yang mendapatkan makanan (keuntungan) biasanya berukuran lebih kecil dibandingkan dengan organisme yang diambil makanannya (dirugikan). Organisme yang mengambil makanan disebut parasit dan organisme yang diambil makanannya disebut inang.

Contoh simbiosis parasitisme seperti hubungan antara tumbuhan dengan berbagai jamur pengganggu dan hubungan antara pohon dan benalu. Dalam hubungan tersebut, benalu mendapatkan keuntungan, sedangkan tumbuhan mengalami kerugian.

Contoh simbiosis parasitisme lainnya bisa kamu baca disini.

Demikian pembahasan ringkas kali ini mengenai simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Semoga bermanfaat. 

Untuk materi pembelajaran IPA, IPS, B.Indonesia atau yang lainnya, teman-teman bisa belajar di bahassemua.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *