Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013

Pembelajaran merupakan proses ilmiah yang di lakukan oleh manusia untuk memperoleh informasi baru.

Maka dari itu kurikulum pendidikan Indonesia terbaru yaitu kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran.

Agar tujuan dari kurikulum 2013 dapat terpenuhi maka perlu adanya sebuah strategi yang tepat.

Dengan penggunaan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Maka dapat dengan mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Lalu apa saja strategi pembelajaran kurikulum 2013?

 

Pengertian Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013

Ilustarsi Startegi Pembelajaran K13
Ilustarsi Startegi Pembelajaran K13

Startegi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan oleh guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. (Wina Senjaya, 2008)

 

Macam-Macam Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013

Jenis Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013
Jenis Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013

1. Strategi Inkuiri Learning

Menurut Piaget (Sund and Trowbridge, 1973). Pembelajaran yang mempersiapkan situasi bagi anak untuk melakukan eksperimen sendiri.

Dalam arti luas ingin melihat apa yang terjadi. ingin menggunakan simbol-simbol dan mencari jawaban atas pertanyaan sendiri, menghubungkan penemuan yang satu dengan penemuan yang lain, membandingkan apa yang ditemukan dengan yang ditemukan orang lain.

 

2. Strategi Discovery Learning

Teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila peserta didik tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri.

 

3. Strategi Saintifik Learning

Proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik , menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan.

 

4. Strategi Project Based Learning

Pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

 

5. Strategi Problem Based Learning

Menurut Duch (1995), adalah metode pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuan.

Demikian adalah pembahasan mengenai strategi pembelajaran kurikulum 2013. Semoga informasi tadi dapat menambah wawasan anda.

Serta jangan lupa kunjungi titanesia.com untuk mengetahui update informasi mengenai ilmu dan pengetahuan seputar keguruan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *